Rahmat Shigeru Ono Pejuang kemerdekaan Indonesia bekas tenara Jepang

Myblog 11.02
Malam semua, mm fatihwrite update lagi nih, gomen gomen liburan kemaren saya jarang ngurusn ni blog tau sendiri kan, liburan, oke sekarang saya mao menuliskan kesan kesan saya dengan pejuang kemerdekaan indonesia.

siapa dia coba lihat di samping, udah ada yang kenal kah,..? udah ada yang pernah denger kah..? hmm gimana ya, saya ajah baru kali ini denger tentang nya dari sebuah situs tentang Jepang, mungkin banyak yang tidak kenal, bahkan ada yang tidak mengenalnya samasekali, ini yang harus dirubah di buku pelajaran sejarah indonesia





karna dibalik kemerdekaan indonesia ada juga peran tentara kekaisaran jepang yang mengubah haluan diri mereka menjadi bepihak kepada indonesia dan membela indonesia dari penjajah Belanda.

Bapak Rahmat Shigeru Ono, ya ini adalah salah seorang tentara kekaisaran jepang yang mengubah haluannya menjadi tentara kemerdekaan indonesia dan berjuang untuk kemerdekaan indonesia, dengan alasan "Jepang pernah memberikan janji akan memberikan kemerdekaan untuk Indonesia. Bagi Ono seorang samurai harus menepati janjinya". 

Dari pandangan saya tentang bapak Ono ini Seperti "bagai seorang samurai yang menggunakan pedang kedua tidak untuk bunuh diri, melainkan untuk membantunya mencapai tujuan".

oke oke mungkin banyak yang berkata, tentara jepang yang bikin rakyat susah, kerja paksa, penjajah, dan lain lain, sehingga catatan sejarah tentang tentara jepang yang membantu membebaskan negara indonesia dari tangan penjajah di lupakan, atau ditiadakan.

mmm mungkin yang berpikir seperti itu belum mengerti arti dari "tidak semua manusia jahat". hah kalau kita menganggap semua orang adalah saingan kita ga akan pernah bisa maju, ya kan? sama halnya dengan ini, Didalam buku yang di tulis oleh Seorang Sarjana S1 dari jepang bernama Eichi Hayashi, mengatakan bnyak peran penting tentara kekaisaran jepang yang tinggal(setelah perang dunia II, jepang menyerah kepada sekutu), sekitar 903 tentara yang lebih memilih untuk tinggal di indonesia dan berjuang untuk kemerdekaan negara indonesia, dimana Diantara mereka sekitar 243 orang (27%) meninggal dalam perang; 288 orang (32%) hilang; 45 orang (5%) kembali ke Jepang setelah Perang Kemerdekaan Indonesia selesai atau sekitar 1950-an. Sisanya 324 orang (36%) memilih tetap tinggal di Indonesia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Beragam alasan yang mengubah tentara kekaisaran jepang lebih milih tinggal di indonesia dan membantu tentara indonesia untuk kemerdekaannya, seperti bapak Ono yang menepati janjinya sebagai seorang samurai.

Yooshh sudah dulu ya, mungkin dari yang saya tulis di atas sedikit menyimpang lebih ke arah sejarah, namun sebenarnya saya ingin mengatakan seperti ini.

Mungkin negara ini memiliki dendam, 
mungkin rakyat di negara ini memiliki dendam, 
namun tak semua manusia adalah jahat. 

apakah manusia yang menyelamatkan negara ini adalah penjajah?
apakah kalian ingat?
apakah kalian mengetauhi?
tak banyak yang mengetahui, tak banyak yang ingat.
 
Pahlawan yang terlupakan dan dilupakan.

 
 
jadi  apa yang kita pikirkan,..?
mungkin tak bnyak, kita tak bisa menilai orang smudah membalikkan telapak tangan. 

Untuk Bapak Rahmat Shigeru Ono dan teman - teman seperjuangan dari tentara kekaisaran Jepang yang beralih dan membantu memperjuangkan Indonesia, Arigato Gozaimas....:')

yoo semua sampai di postingan selanjutnya di fatihwrite yooo ja neee...

Artikel Terkait

Previous
Next Post »