Cybercrime/Cyber Law

Myblog 06.16


Seiring berjalanya kemajuan bidang TI, semakin majunya keamanan di bidang TI, maka semakin maraknya juga cybercrime/cyberlaw. Hacking dan cracking makin banyak yang mempelajarinya maka semakin banyak pula celah yang akan di temukan untuk membobol dan merusak suatu pengamanan yang telah di buat, bisa di bilang selama sistem itu di buat oleh manusia maka pasti ada celah untuk sistem itu di rusak maupun di susupi.

Pengalaman pribadi saya mengenai cybercrime masih belum banyak, yang saya ketahui sering terjadi tindak penipuan, pertama fake login, dimana sebuah website yang menyerupai website aslinya digunakan untuk mengelabui korbannya, agar user account korban bisa di ketahui, ini terjadi pada saya yang ketika itu login pada social media dimana saya login dari link rujukan.

Ketika itu saya melihat ada yang aneh dalam link itu, karna link itu, tidak beralamatkan seperti yang seharusnya, misalkan facebook seharusnya facebook.com, namun yang tampil facebook.km.vl.com, langsung saja saya login namun yang terjadi saya mengulangi login untuk yang ke dua kalinya, baru dia bisa masuk ke akunnya, namun setelah beberapa hari akunya sudah berganti password.

Dari situ saya baru tahu kalau itu adalah fake login, mengetahuinya membuat kesal karna kehilangan akun. Namun fake login bisa di hindari, memang dari satu sisi web yang di buatnya sangat mirip menyerupai aslinya, namun di sisi lainnya ada beberapa perbedaan seperti alamat URL websitenya.

Pengalaman yang ke dua ini saya lakukan sendiri, yaitu SQL Injection. Sehabis dikarenakan kehilangan akun, saya langsung mencari cara agar web fake login tersebut dapat hilang atau setidaknya crash. Saya mendapatkan ide dari pembahasan yang di pelajari saat kuliah mengenai keamanan pada TI, yaitu SQL Injection selanjutnya saya telusuri di berbagai forum hacker mengenai SQL Injection, setelah mendapatkan caranya saya mencari alamat url web fake login tersebut di history, dan langsung saja saya jalankan aplikasi tersebut.

Entah mungkin aplikasinya yang bagus atau websitenya yang di buat dengan asal asalan pengamanannya, website tersebut langsung error. Dari situ mau di bilang bagaimana puas atau malah ngerasa bersalah membuat web seseorang rusak namun setidaknya web tersebut tidak mendapatkan korban lagi.

Memang cara hacking bisa di gunakan untuk melawan hacking, namun hacking tetap saja cybercrime, tetapi hacking menjadi sebuah pilihan digunakan untuk yang baik atau tidak baik.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »